Selamat Datang Di Website Resmi Desa Karangrejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur

Artikel

Tradisi Bersih Desa di Bulan Muharram

04 Agustus 2023 09:28:17  Administrator  65 Kali Dibaca  Berita Desa

Pemerintah Desa Karangrejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi mengadakan Bersih Desa pada Kamis, (03/08).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Desa Karangrejo beserta perangkatnya, BPD, LPMD, tokoh agama, Linmas, HIPPA, dan semua Ketua RT dan RW di wilayah Desa Karangrejo.

Bersih Desa ini bertujuan untuk melaksanakan tradisi turun temurun dalam bentuk slametan di semua mata air yang ada di Desa Karangrejo dan pagelaran wayang kulit. Tradisi ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Muharram. Tradisi ini merupakan ungkapan rasa syukur warga Desa Karangrejo atas berkah yang diberikan Tuhan kepada mereka, baik berupa hasil panen yang melimpah, kesehatan yang terjaga, maupun kesejahteraan yang mereka peroleh selama setahun. Lebih dari itu, tradisi ini juga menjadi permohonan untuk keselamatan dan kesejahteraan warga Desa Karangrejo.

Rangkaian acara bersih Desa tersebut seluruh warga Desa Karangrejo bersama Pemerintah Desa melaksanakan selamatan atau sedekah bumi di Dusun masing-masing sebagai ungkapan terima kasih kepada leluhur mereka pada siang hari. Pada malam harinya, diselenggarakan doa bersama dan pertunjukan seni wayang kulit dengan Ki dalang Joko Klentheng dari Karangjati yang menghibur dan mempererat tali persaudaraan di antara warga.

Tradisi bersih Desa merupakan warisan budaya yang harus dijaga keberlanjutannya. Melalui bersih Desa ini, Desa Karangrejo menunjukkan komitmen dan kepedulian dalam menjaga tradisi. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan keberkahan bagi warga Desa Karangrejo.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Sinergi Program

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Karangrejo RT 03 RW 03 Desa Karangrejo
Desa : Karangrejo
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 085649111700
Email : karangrejoresmi@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:46
    Kemarin:203
    Total Pengunjung:46.072
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.149.242.253
    Browser:Mozilla 5.0