Selamat Datang Di Website Resmi Desa Karangrejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur

Artikel

IKD Pengganti KTP Digital

27 Februari 2023 10:48:01  Administrator  88 Kali Dibaca  Berita Desa

Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP Digital digadang-gadang bakal menggantikan KTP (Kartu Tanda Penduduk) fisik. Untuk tahap awal akan diterapkan pada pegawai di lingkup Dispendukcapil kabupaten/kota, selanjutnya pegawai ASN seluruh Indonesia, kemudian mahasiswa, pelajar dan masyarakat. 

Dukcapil Kemendagri mengungkapkan program identitas warga ini bentuknya adalah aplikasi Digital ID. Aplikasi ini sudah ada di Play Store pada ponsel berbasis Android.  

Tampilan muka aplikasi ini terdiri dari foto, nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK) pemilik akun aplikasi Digital ID. Di bagian tengah terdapat enam menu yaitu Data Keluarga, Dokumen, Tanda Tangan Elektronik, Pelayanan, Pemantauan Pelayanan, Histori Aktivitas, Ubah Pin/Kata Kunci, Lepas Perangkat, dan Keterangan.

Di dalam aplikasi IKD ini sudah dilengkapi dengan fitur pencegahan tangkap layar yang bisa meminimalkan penyalahgunaan informasi. 

Untuk pengaktifan Identitas Kependudukan Digital, masyarakat bisa datang ke Dispendukcapil dan kantor kecamatan. Tetapi saat ini banyak desa yang sudah membuat kerja sama dengan Dispendukcapil. Dalam kerjasama di bidang Siak Terpusat tersebut desa sekarang memiliki hak akses untuk mengajukan akta Kematian dan kelahiran.

Seperti di Desa Karangrejo yang mendukung program Digitalisasi Desa, juga membuat kerjasama dengan Dispendukcapil. Saat ini warga Desa Karangrejo bisa mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di kantor desa.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Sinergi Program

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Karangrejo RT 03 RW 03 Desa Karangrejo
Desa : Karangrejo
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 085649111700
Email : karangrejoresmi@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:5
    Kemarin:90
    Total Pengunjung:45.234
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.217.73.187
    Browser:Mozilla 5.0