Selamat Datang Di Website Resmi Desa Karangrejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur

Artikel

"Bambang Cakil" dalam Carnival Rangkaian Peringatan HUT RI ke 78

24 Agustus 2023 10:27:52  Administrator  76 Kali Dibaca  Berita Desa

Rabu, (23/08), Kecamatan Kendal kembali melanjutkan serangkaian perayaan untuk memperingati HUT RI ke 78 dengan menyelenggarakan kegiatan carnival. Kegiatan ini diikuti oleh sekolah/lembaga se-Kecamatan Kendal sejumlah 69 lembaga yang terbagi dalam 3 kelompok yaitu Kelompok SD/MI, Kelompok SMP/MTs, dan Kelompok SMA/SMK/Umum.

Desa Karangrejo pun turut ikut serta dalam memeriahkan kegiatan carnival ini dengan mengusung tema adat jawa dan maskot ''Bambang Cakil''. Peserta yang mengikuti carnival ini adalah Kepala Desa, seluruh Perangkat Desa beserta BPD dan LPMD. Maskot Bambang Cakil diperankan oleh Kepala Dusun Campurejo, Sukorepno, dan Kepala Dusun Bedog, Darmo.

Bambang Cakil merupakan salah satu tari klasik yang ada di Jawa khususnya Jawa Tengah. Tari ini sebenarnya diadopsi dari salah satu adegan yang ada dalam pementasan Wayang Kulit yaitu adegan Perang Kembang. Tari ini menceritakan perang antara kesatria melawan raksasa. Kesatria adalah tokoh yang bersifat halus dan lemah lembut, sedangkan Raksasa menggambarkan tokoh yang kasar dan beringas. Di dalam pementasan wayang Kulit, adegan perang kembang ini biasanya keluar tengah-tengah atau di Pathet Sanga. Perang antara Kesatria (Bambangan) melawan raksasa ini sangat atraktif, dalam adegan ini juga bisa digunakan sebagai tempat penilaian seorang dalang dalam menggerakkan wayang.

Makna yang terkandung dalam tarian ini adalah bahwa segala bentuk kejahatan dan keangkaramurkaan pasti kalah dengan kebaikan (sumber : Wikipedia).

Rute carnival dimulai dari Lapangan Tegalsari Majasem menuju Lapangan Kendal. Setelah melalui serangkaian penilaian dari dewan juri, terpilih juara 1 dari SMAN 1 Kendal untuk kelompok SMA/SMK/Umum, kelompok SMP/MTs dijuarai oleh SMPN 2 Kendal, dan kelompok SD/MI dijuarai oleh MIN 1 Ngawi.

Untuk Desa Karangrejo sendiri, adanya kegiatan carnival ini menjadi ajang kekompakan di lembaga pemerintahan Desa Karangrejo serta melestarikan budaya jawa melalui busana lurik sorjan dan kutu baru serta cerita ''Bambang Cakil''.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Sinergi Program

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Karangrejo RT 03 RW 03 Desa Karangrejo
Desa : Karangrejo
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 085649111700
Email : karangrejoresmi@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:197
    Kemarin:81
    Total Pengunjung:46.020
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.17.155.88
    Browser:Mozilla 5.0