Selamat Datang Di Website Resmi Desa Karangrejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur

Artikel

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik/Pestisida Hayati

04 Desember 2023 11:18:05  Administrator  34 Kali Dibaca  Berita Desa

Mendukung program Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan atau dikenal dengan PRLB, Pemerintah Desa Karangrejo menganggarkan Dana Desa (DD) untuk kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik/pestisida hayati yang berlangsung  pada Jumat, (01/12).

Pelatihan yang digelar oleh Pemerintah Desa Karangrejo melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Karangrejo dilaksanakan di Dusun Geneng, di rumah Kepala Dusun, Sujarwo, yang juga selaku anggota Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), dan diikuti oleh Kelompok Tani Dusun Geneng, Ngadipiro, Bedog, Bugel, dan Campurejo.

Kepala Desa Karangrejo, Drs. Kuwat, mengungkapkan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah, serta dengan adanya pelatihan ini harapannya bisa dimanfaatkan oleh petani di Desa Karangrejo khususnya untuk menghadapi permasalahan pupuk kimia yang semakin sulit terjangkau dari segi harga maupun ketersediaannya.

Pelatihan pembuatan pupuk organik yang dilaksanakan dengan menggandeng BPP Kecamatan Kendal dan Babinsa serta Babinkantibmas selaku narasumber. Pada pelatihan kali ini, ada 2 jenis pupuk organik yang dibuat yaitu POC Vegetatif Ferinsa (Fermentasi Urine Sapi) dan Bubur California (Pengendali jamur penyebab penyakit pada tanaman).

Sebelum dipraktekkan cara pembuatannya, peserta pelatihan dibagikan materi informasi mengenai bahan, alat, cara pembuatan, cara penggunaan, dan manfaat masing-masing pupuk.  Sambil menyampaikan materi pelatihan, masing-masing narasumber mengungkapkan harapannya kepada peserta pelatihan agar bisa menyampaikan kepada masyarakat sekitarnya serta bisa gotong royong untuk menularkan ilmu yang diperoleh tentang pembuatan dan penggunaan pupuk organik. Pupuk organik yang dihasilkan pada pelatihan kali ini juga dibagi secara merata untuk kelompok tani di semua dusun agar kemudian bisa diaplikasikan pada lahan pertanian masing-masing.

Berikut adalah materi yang bisa diunduh mengenai pembuatan pupuk organik :

Unduh Lampiran:
MATERI PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Sinergi Program

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Karangrejo RT 03 RW 03 Desa Karangrejo
Desa : Karangrejo
Kecamatan : Kendal
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63261
Telepon : 085649111700
Email : karangrejoresmi@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:80
    Kemarin:40
    Total Pengunjung:45.219
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.222.162.216
    Browser:Mozilla 5.0